11 Jenis Anjing Yang Cocok Dipelihara Di Rumah

Jumat, 14 Oktober 2016

1. Siberian Husky


Siberian Husky  adalah jenis anjing yang berukuran sedang dan juga berbulu tebal. Anjing ras ini merupakan kelompok anjing yang tidak ganas, bahkan bisa di katakan terlalu baik kepada orang asing yang walaupun bukan pemiliknya. Secara  sepintas anjing ini mirip serigala, dan banyak standart ras dunia mengatakan terbentuknya  siberian husky di karenakan hasil persilangan alam.


Selain dari itu siberian Husky memiliki sifat yang cukup menyenangkan bagi manusia. Anjing jenis ini merupakan anjing yang tidak bisa diam dan sangat aktif. Kepribadiannya  yang bersahabat dan lembut adalah bentuk masa lalu yang dimiliki anjing ini, karena saat dulu masyarakat Chukchi sangat penuh perhatian dan kasih sayang dalam memelihara anjing ini.
Asal negara : Alaska

Karakter : Aktif, ramah, lembut,  bersahabat dan menyenangkan
Bulu : Tebal dan lebat
Kunjungi : Perawatan eksklusif untuk siberian husky


2. Affenpinscher


Affenpinscher merupakan salah satu ras anjing mainan (dog toys) tertua yang berasal dari Jerman pada tahun 1600-an.Saat dulu anjing ini sering dimanfaatkan untuk berburu rodensia di lahan pertanian dan juga di rumah penduduk.

Anjing ini memiliki keindahan bulu yang berwarna hitam, abu-abu, silver, krem, hitam-coklat, atau merah. Untuk ukuran badan Affenpinscher memiliki tinggi sekitar 23-30 cm dan bobot badan kurang lebih 3-3,5 kg.


Ciri fisik dari anjing ini berada di telinganya yang simetris dan juga bulu kasarnya yang lebat. Pada bagian bulu Affenpinscher memiliki panjang  kurang lebih 1 inci dan untuk bagian ekor serta bokong cenderung memiliki bulu yang lebih pendek dari bulu di badannya.

Asal negara : Jerman
Karakter : Ramah, bersahabat, tenang, dan tidak agresif
Tinggi : 23-30 cm
Berat badan : 3-3,5 kg
Bulu : Lebat dan kasar 


3. Belgian malinois


Dari namanya saja, kita sudah tau bahwa anjing jenis ini berasal dari negara Belgia. Anjing ini merupakan kelompok anjing penggembala, yang memiliki ciri sangat mirip dengan ras anjing german sheperd. Untuk ukuran tubuh ini sedang, dengan postur badan yang tinggi dan juga gagah. Anjing ini merupakan jenis anjing yang sangat berwibawa. Selain dari itu mereka juga sangat terlatih dan memiliki keunggulan pada indra penciuman serta instingnya yang sangat baik.



Asal negara : Belgia
Karakter : Gagah, berwibawa, dan pandai berburu
Berat badan : 25 – 30 Kg
Masa usia : 10-14 tahun
Warna : Hitam kecoklatan


4. Golden Retriever


Awal mulanya anjing ini dikembangkan sebagai anjing pemburu untuk mengambil burung hasil buruan yang sudah ditembak. Dulunya anjing ini termasuk jenis Retriever (pengambil) yang menemukan atau mengambilkan burung air atau unggas liar untuk pemburu. Kenapa disebut golden? Itu karena  bulu mereka berwarna keemasan jika terlihat di bawah sinar matahari, sehingga anjing ini disebut Golden Retriever.


Kecerdasan mereka terlihat sewaktu mengambil hewan buruan, mereka tidaklah menggigit secara kasar. Karena burung hasil buruan yang diberikan kepada pemburu masih  terlihat sangat utuh. Kecerdasan dan kepandaiannya menjadikan Golden Retriever sebagai anjing multiguna saat ini. Diantaranya, mereka dipekerjakan sebagai anjing pelacak narkoba, anjing pemburu, anjing penyelaat dan anjing penuntun.  Kepribadiannya yang sabar,  bersahabat dan selalu ingin menyenangkan hati setiap pemiliknya telah menjadikan Golden Retriever sebagai  anjing keluarga yang paling populer di dunia.

Asal negara : Inggris
Berat badan : 25 – 35 Kg
Karakter : Cerdas, setia, aktif dan mudah dilatih
Masa usia : 10 – 12 tahun
Bulu : Sedang


5. Afghan Hound


jenis anjing satu ini adalah anjing pemburu dari Afganistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan pada dirinya.Menurut sejarah, anjing ini dipercaya  ada sejak zaman Mesir kuno karena terlihat dari lukisannya yang saat itu ditemukan di dalam salah satu gua di Afganistan sekitar 4000 tahun silam.Pada awalnya anjing ini dimanfaatkan manusia  sebagai anjing gembala dan pemburu hewan lain seperti  leopard dan serigala.


Namun, di saat anjing ini disebarkan di Negara Barat pada abad ke-19, anjing jenis ini menjadi binatang peliharaan mewah dan sering juga disebut sebagai “raja anjing” di dunia. Ciri-ciri fisik dari anjing ini adalah ramping, tulang panggul menonjol, dan bertubuh tinggi. Selain dari itu  ukuran kepala anjing ini juga cukup panjang dengan  mata gelap oval. Di tambah lagi anjing ini juga dapat hidup berdampingan dengan baik bersama hewan peliharaan lainnya.

Asal negara : Afghanistan
Karakter : Mudah beradaptasi, aktif berburu, dan agresif
Tinggi : 61-73cm
Berat badan : 20-27 kilogram


6. Chinese Crested


Satu lagi anjing peranakan dengan bulu paling sedikit, seperti namanya anjing ini hanya memiliki bulu disekitar wilayah kepala mereka mirip seperti jambul, hampir semua area badan terlihat tanpa bulu. Anjing ini berasal dari cina, dengan iklim di cina yang dingin anjing ini memerlukan perawatan ekstra tidak seperti anjing lain. Jika anda menginginkan chinese crested untuk di pelihara dirumah maka anda perlu mengeluarkan budget $1300 – $2100 berdasarkan harga rata-rata puppyfind.com, harga yang fantastis untuk anjing dengan sedikit bulu.



7. Shih-Tzu



Anjing ini merupakan ras anjing tertua yang asal mulanya dari Tiongkok (china). Anjing  ini memiliki bulu indah yang panjang dengan varian warna dan pola menarik pada bulunya. Ciri fisik yang dimiliki shihtzu  ada pada bagian bulunya yang panjang dan menutupi telinga.

Untuk badan anjing ini cukup kokoh dengan 4 kaki pendeknya.Secara umum, anjing ini memiliki sifat lincah, pintar, dan memiliki emosi yang baik. Sejarahnya anjing ini dulu dipelihara oleh keluarga kerajaan di Dinasti Manchu, Cina.


Namun ketika anjing ini menyebar ke wilayah Eropa, ternyata banyak bangsawan eropa  yang tertarik untuk memelihara anjing cantik ini. Shih-Tzu merupakan anjing pendamping yang sangat bersahabat dengan manusia, selain itu mereka juga tergolong ke dalam hewan yang senang bersosialisasi.

Asal negara : Tiongkok
Berat badan : 4 – 7.25 kg
Tinggi badan : 20 – 28 cm
Warna : Emas, Coklat terang,  coklat gelap , Putih dan hitam
Masa hidup : 14-18 tahun


8. Terrier Airedale


anjing ini berasal dari Inggris, kelompok mereka merupakan jenis anjing dengan ukuran tubuh paling tinggi diantara anjing Terrier lainnya.  Menurut sejarah, anjing ini sengaja dikembangkan untuk berburu rubah, berang berang dan luak. Secara umum anjing ini dapat bertahan hidup hingga usia 13-14 tahun.

Saat jaman Perang Dunia I dan II, banyak kalangan militer menggunakan anjing ini sebagai pembawa amunisi, pembawa pesan, anjing ambulans, anjing penjaga dan juga anjing patroli, serta terakhir sebagai anjing pembasmi sarang rodensia (tikus).


Ciri fisik dari anjing ini adalah memiliki bulu hitam, ekor tegak, berotot, melahirkan 5-10 enak dalam satu kali kehamilan, dan berbobot 20,4-27,2 kg.  Selain dari itu anjing ini juga memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat baik dan tajam. Mereka  dikenal dengan anjing yang memiliki sifat yang berani dan gesit.

Asal negara : Inggris
Karakter : Berani dan gesit
Berat badan : 20,4-27,2 kg
Bulu : Pendek dan keriting


9. Akita


Untuk anjing ini berasal dari jepang. Anjing jenis ini sering dimanfaatkan pemiliknya untuk berburu. akita juga sangat baik di bidang pelacakan, kelincahan dan kecerdasan pada anjing ini sering digunakan sebagai anjing perlombaan dimanca negara.


Namun kekurangan anjing ini sangat sensitive terhadap obat-obatan seperti caksin, insektisida, dan juga obat penenang atau sering disebut anestesi.

Asal negara : Jepang
Karakter : Lincah, berani, bersahabat, dan sensitive
Berat badan : 45 – 59
Masa usia ; 11-15 tahun
Warna : Coklat, putih, dan belang


10. Maltese


Jenis anjing berikutnya adalah maltese, mereka merupakan jenis anjing kecil. Mereka memiliki bentuk tubuh yang panjang, kepala bulat dan mata yang besar. Anjing ini umumnya sering muncul di berbagai stasiun TV trutama pada Film kartun. Anjing jenis juga tergolong rentan terserang penyakit Flue, dan alergi pada dirinya.


Asal negara : Malta
Karakter : Ramah, pintar, tidak agresif
Berat badan : 2-6 Kg
Warna : Kecoklatan dan putih



11. Chihuahua


Anjing ini merupakan jenis anjing yang paling kecil jika dibandingkan dengan ras anjing lainnya. Mereka memiliki bulu yang sangat pendek dan bahkan cenderung seperti botak. Anjing cihuahua merupakan jenis anjing yang sangat populer di dunia karena bentuknya yang lucu dan juga sangat menarik.



Walau demikian anjing ini memiliki beberapa masalah kesehatan yang harus ditangan dan perlu diperhatikan. Anjing ini gampang terserang penyakit seperti epilepsi dan juga kejang-kejang pada umumnya.

Asal negara : mexico
Karakter : berani, bersahabat, dan galak terhadap orang asing
Berat badan : 1,5 – 3 Kg
Bulu : pendek
Masa usia : 10-18 tahun