Cara Merawat Pembroke Welsh Corgi

Jumat, 14 Oktober 2016


Anjing Setia Sampai Mati - Kurang diketahui dari mana tepatnya asal-usul anjing jenis pembroke welsh corgi ini. Ada yang mengatakan pembroke welsh corgi adalah turunan anjing gembala jenis vallhaund dari Swedia, yang dibawa ke Welsh oleh orang-orang Viking pada abad 9-10. Ada yang berpendapat bahwa pembroke welsh corgi merupakan anjing bawaan orang-orang Flandaria yang datang ke Welsh pada abad ke-12.

Sejarah keberadaan pembroke welsh corgi begitu rancu sehingga muncul cerita bahwa anjing jenis ini dulunya melarikan diri dari sarang peri dan kurcaci. Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu, ada dua orang anak yang menemukan dua ekor pembroke welsh corgi yang mereka sangka adalah anak musang. Mereka membawa hewan-hewan itu pulang dan sesampainya di rumah, orang tua mereka memastikan bahwa kedua hewan itu adalah anjing, dan merupakan hadiah dari peri-peri.

Sejak dulu, pembroke welsh corgi dipercaya sebagai anjing penggembala. Ketangkasan, kecepatan, dan kecerdasannya membuat mereka mampu melakukan tugas ini dengan sangat baik. Klub Pecinta Anjing di Inggris menyatakan bahwa corgi merupakan anjing turunan murni pada tahun 1920-an. Pembroke welsh corgi pertama dipamerkan di Amerika pada tahun 1936.

Ciri fisik dan karakter anjing pembroke welsh corgi

Dikenal dua ragam anjing welsh corgi, yaitu pembroke dan cardigan. Bentuk dan karakter keduanya bisa dikatakan sama, namun yang secara signifikan membedakan adalah ekornya. Sementara cardigan berekor panjang, corgi terlahir tanpa ekor.


Pembroke welsh corgi memiliki tubuh dan kaki pendek. Bentuk kepalanya menyerupai kepala musang. Kedua matanya yang berwarna gelap berbentuk oval. Daun telinganya berbentuk segitiga tajam dan tegak berdiri. Pada umumnya, tinggi tubuh corgi adalah 25-30cm dari tanah hingga bahu, serta memiliki berat badan tidak lebih dari 15kg.


Pembroke welsh corgi bermantel ganda dengan panjang lapisan luar yang beragam. Mereka tahan hidup dalam cuaca dingin maupun panas.

Variasi warna-warna anjing pembroke welsh corgi adalah kemerahan, ujung bulu hitam, putih atau krem cerah, tiga warna (merah, hitam, cokelat), dan kaki, dada, leher, perut, moncong berwarna putih.


Pembroke welsh corgi termasuk anjing yang cerewet, mereka gemar mengungkapkan segala perasaannya lewat gonggongan. Anjing jenis ini mudah curiga pada orang yang tidak mereka kenal. Anjing pembroke welsh corgi, yang juga sering disebut pems ini, termasuk anjing cerdas, gesit, senang belajar hal baru, serta menjadi teman bermain menyenangkan untuk anak-anak.

Makanan

Puppy anjing pembroke welsh corgi idealnya diberi makan 4 kali sehari. Pemberiannya diberikan pada pagi, siang, sore, malam sekitar jam 10. Untuk anjing pembroke welsh corgi dewasa, disarankan memberikan ¾-1,5 gelas sehari yang dibagi menjadi dua kali pemberian. Perlu diingat bahwa banyaknya aktivitas dan metabolisme anjing Anda turut memengaruhi kebutuan asupan makanannya.

Makanan anjing yang kering cocok diberikan untuk corgi. Jangan memasukkan tulang ke dalam menu makan mereka, karena akan menyebabkan gangguan usus. Pembroke welsh corgi juga tidak bisa mencerna telur mentah dan susu.

Anjing pembroke welsh corgi memerlukan asupan banyak protein tinggi yang bisa didapat dari daging segar. Selain itu kandungan minyak omega 3 juga menjadi tambahan baik untuk menjaga staminanya. ( baca: menu makanan yang penting untuk anjing anda )

Pembroke welsh corgi termasuk anjing yang gemar makan. Anda perlu mengawasi jumlah makanan yang dikonsumsinya.

Kandang



Dengan energi besar dan sifat mendasarnya untuk menggonggong, pembroke welsh corgi kurang cocok tinggal di apartemen atau perumahan dengan jarak rumah berdekatan, serta membutuhkan ruang gerak yang luas. Mereka tidak bisa dibiarkan tinggal di luar rumah. Anjing jenis ini harus berada di tengah-tengah keluarga di dalam rumah.

Anda bisa memelihara pembroke welsh corgi di perkotaan maupun pedesaan, dalam kondisi cuaca dingin maupun panas. ( baca: semua hal tentang kandang anjing )

Perawatan dan kesehatan


Untuk menyalurkan energi dan menjaga berat badannya, pembroke welsh corgi membutuhkan banyak olahraga dan aktivitas. Ajaklah anjing Anda berjalan-jalan keluar rumah setiap hari selama kira-kira 15 menit.

Anjing jenis pembroke welsh corgi jarang terjangkit penyakit. Namun ada beberapa penyakit yang biasa diderita ras anjing ini. Penyakit anjing tersebut antara lain atrofi retina, glaukoma dan masalah sendi pinggul (hip dysplasia).


Pembroke welsh corgi termasuk mudah perawatannya. Karena bulu-bulu mereka banyak rontok, diperlukan penyisiran setidaknya satu kali dalam seminggu dan hanya mandikan saat benar-benar diperlukan saja. Kuku-kuku pembroke welsh corgi perlu dipangkas sekali atau dua kali dalam sebulan.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan telinganya. Periksa dan bersihkan seminggu sekali. Jika tercium bau tak sedap atau terlihat kemerahan, kemungkinan telinganya terserang infeksi. Periksakan ke dokter hewan jika perlu. Bersihkan bagian daun telinganya dengan kapas dan cairan pembersih khusus secara hati-hati. Jangan memasukkan apa pun ke dalam lubang telinganya.

Melatih Membrok Welsh Corgi


Dengan pemberian porsi yang bijak, makanan bisa menjadi motivasi jitu dalam melatih pembroke welsh corgi Anda. Berikan sedikit kudapan setiap kali mereka berhasil melakukan tugas sebagai imbalan. 

Pembrok welsh corgi perlu dilatih untuk tidak melompat dari dan ke tempat-tempat yang cukup tinggi bagi mereka. Proporsi tubuh mereka tidak cocok untuk melakukan gerakan melompat terlalu tinggi karena akan mencederai tulang punggung atau kaki mereka.

Ajari anjing untuk menghormati Anda. Corgi mudah dilatih, namun memiliki pendirian yang kuat. Pelatihan perlu dilakukan sejak mereka kecil untuk mendidik mereka bahwa Anda adalah pemimpin mereka, dan bukan sebaliknya.

Ajaklah pembroke welsh corgi Anda bertemu dengan banyak orang, mereka adalah tipe anjing yang merasa nyaman berada di antara manusia.